Kamis, 10 Oktober 2013

Class, Method, Constuctor, Modifier dan Object

Dasar Teori
         Pada pemrograman berorientasi objek terdapat dua istilah yang sangat terkenal yaitu kelas dan objek. Kelas dapat dianalogikan sebagai cetakan dari suatu objek (benda), sedang objek adalah benda/hasil produksi dari cetakan (kelas) tersebut. Perbedaan kelas dan objek dapat dijelaskan dengan analogi.
      Atribut adalah keadaan yang dimiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa-apa yang menurut subjek harus dapat dilkaukan objek.

A. Class
         Kelas pada Java didefenisikan dengan menggunakan  kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi kelas pada Java :
           [modifier1] class Namakelas   [modifier2]{
                      Class body;
           }

B. Method
           Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri. Berikut ini merupakan deklarasi method pada Java:
            [modifier1] tipeNilaiKembalian namaMethod (parameter input) {
                       method body;
            }

C. Constructur
            Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memberikan nilai default) paa atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu objek saat object itu pertama kali dibuat.

D. Modifier
              Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam Java. Modifier akses adalah modifier yang digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected dan public.
                 Beberapa modifier penting lainnya :
a. static
    Yaitu  modifier yang dugunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering dugunakan.
b. final
    Yaitu modifier yang dugunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method. dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.

E. Object
            Sebuah kelas yang digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang mengggunakannya. Dibutuhkan operator new  untuk menambahkan objek.
             Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1. NamaKelas NamaObjek = new NamaConstructor();
2. NamaKelas NamaObjek;
    NamaObjek = new Constructor();

            Proses ini disebut instansiasi. Ketika objek selesai dibuat, objek tersebut didimpan di dalam memori dan dapat diakses pleh objek-objek lain melalui nama objeknya.

Contoh script Code disket.java
public class Disket{
    int panjang = 10;
    final int LEBAR = 10;
    String warna = "kuning";
    String bentuk = "segiempat";
    String data = "";
    Disket(){
        panjang = 100;
            }
            Disket(int panjang1) {
                this.panjang = panjang1;
            }

    void simpanData (String data1){
        this.data += data1;
    }
    void hapusData () {
        data = "";
    }
    String bacaData () {
        return data;
    }
}

Hasil
 
Script Code maindisket.java
 class MainDisket{
    public static void main (String[] args){
        Disket disk1 = new Disket(50);
        System.out.println ("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
        System.out.println ("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR);
        System.out.println ("Warna disket = "+ disk1.warna);
        System.out.println ("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk);

        System.out.println ("data mula mula = "+ disk1.bacaData());
        disk1.simpanData ("Belajar Java");
        System.out.println ("Setelah SimpanData = "+ disk1.bacaData());
        disk1.hapusData();
        System.out.println ("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
    }
}

Hasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar